Pages

Minggu, 17 Maret 2013

10 media promosi dan karakteristiknya


Ada banyak media yang ada sekarang ini. Berikut beberapa modelnya dan karakteristik masing2.

1. Facebook
Media ini sangat popular dan banyak diminati oleh kalangan muda. Karena mudahnya membuat account membuat kita tidak mudah membuat "engagement" dengan masing2 pribadi. Disamping itu jika kita mempunyai banyak teman akan sangat membantu. Bentuk promosi bisa dalam bentuk personal promo, membuat page, pasang iklan, promo broadcast, image tag atau juga menggunakan social application untuk berjualan.

2. Twitter
Media yang cukup naik daun. Diminati oleh kalangan muda dan artis yang suka memberikan "tweet". Tweet bisa diakses semua orang memungkinkan kita melihat trending words yang sedang terjadi. Tujuan promosi adalah membentuk opini pasar melalui tweet berseri dan menggiring ke website kita, promoter harus siap memberikan artikel secara rutin agar para follower setia mengikuti update dari kita. Ada berbagai tools yang memungkinkan kita memposting artikel pada waktu2 yang kita inginkan atau melakukan permintaan menjadi follower atau following secara otomatis. Selain itu jumlah follower menjadi petunjuk popularitas account kita. Kita juga dapat menitipkan promosi kita dengan join tweet dari account yang lebih popular.

3. Google search
Media pencarian paling terkenal adalah google. Hampir seluruh orang di dunia menggunakan search engine ini untuk mencari apapun yang terpikirkan. Hasil pencarian yang paling atas merupakan tujuan dari promosi menggunakan media ini. Namun sebelum itu biasanya kita harus mengamati keyword yang paling banyak diketik para pencari agar masuk ke website kita dan melakukan pembelian. Setelah itu kita harus melakukan berbagai optimasi agar menaikkan ranking. Istilah untuk hal ini disebut SEO. Selain itu kita bisa jual memasang iklan di media ini dengan juga memilih keyword yang kita inginkan. Tayangan iklan didasari oleh harga tertinggi yang ditawarkan oleh calon pemasang pada suatu waktu.

4. Blackberry
Media berbasis ponsel ini unik karena mempunyai messenger yang disebut bbm. Bbm ini mengharuskan kontak tujuan menyetujui untuk diregistrasi di ponsel lawan kontaknya. Setelah itu baru mereka dapat berkomunikasi. Dalam promosi menggunakan media ini kita sangat mudah mengukur penyebaran brosur, ataupun artikel di mailing list menggunakan banyaknya contact yang subscribe. Setelah itu kita dapat menggunakan broadcast atau kontak langsung untuk melakukan promosi dan transaksi. Selain itu kita juga dapat menggunakan personal message dan personal picture untuk menjelaskan kita dan jualan kita. Selain itu media ini sangat viral, karena mudahnya menyebarkan banyak artikel yang dirasa menarik untuk disebarkan.

5. Youtube
Media berbasis video terbesar ini memungkinkan semua orang mengupload video miliknya. Banyak pemain besar jg mengupload iklan dan musik berbarunya agar bisa ditonton banyak orang. Rating dan jumlah pengunjung menjadi tolok ukur keberhasilan promosi kita. Banyak juga "nobody" yang mendadak terkenal akibat promosi gratis ini. Disamping itu kita jg mengupload sebuah video yang akhirnya diarahkan ke website kita agar dapat melakukan closing penjualan.

6. Amazon dan Ecommerce websites
Banyak websites yang memungkinkan kita membuka lapak. Contohlah amazon, ebay, dan juga banyak situs lokal yang memungkinkan kita melakukan jual beli. Popularitas website ini sangat berperan dengan laku tidaknya kita. Bentuk kerjasamanya bermacam2, ada yang memungut komisi, monthly fee dan banyak yg gratis. Kita juga dapat membuat situr sendiri menggunakan program opensource ataupun pembayaran bulanan.

7. Yahoo groups dan Mailing list
Komunitas sangat bagus untuk melakukan penetrasi. Bergabung dalam mailing list membuat kita melakukan promosi langsung ke target pasar kita. Tentu saja kita perlu mematuhi semua aturan yang digariskan seperti waktu jualan, aturan penulisan subject dan lainnya. Disamping itu kita bisa membuat milis kita sendiri asalkan memungkinkan utk menarik member agar bergabung.

8. Email marketing
Pengiriman email dapat menjadi alternatif dari pengiriman brosur yang berbiaya tinggi. banyak situs yang memungkinkan kita mengirimkan email ke kontak yang kita punya dengan harga terjangkau. Saat mengirimkan email secara banyak kita harus memperhatikan hal-hal spt kata2 yg tidak berbau spam, hanya mengirimkan email ke org yang kita "kenal" atau mau dikirimi email. Penerima harus memungkinkan untuk men-subscribe email dari kita. Fitur yang menarik dari email blasting ini adalah kita dapat melakukan pengiriman berseri atau autoresponder / dripping. Dengan begitu penerima dapat dituntun menuju sasaran yang kita inginkan sesuai waktu mereka daftar.

9. Linkedin
Media social seperti facebook tapi untuk para professional. Media ini cocok untuk melakukan promosi personal, b2b ataupun rekrutmen secara tepat karena lengkapnya informasi karir dari masing2 pribadi. Kita dapat berkomunikasi jika berada di lingkar 1, kita dapat mengundang kontak lingkar kedua menjadi kontak lingkar pertama. Sedangkan untuk lingkar ketiga perlu dikonfirmasi menggunakan email kontak mereka. Kita juga dapat berlangganan dan mendapatkan berbagai kelebihan lebih dari member biasa.

10. Wordpress dan Blog
Blog singkatan dari web log. Asal mulanya adalah celotehan personal ttg suatu hal. Namun jadi popular menjadi alat untuk promosi dan bahkan jualan. Jika anda blm punya website ini jadi alat untuk mempunyai website secara gratis.

Demikian 10 media yang mudah2an dapat membantu. Jika perlu informasi lebih dan bantuan teknis bisa menghubungi saya.

Wahyudi Yuka, SE, RFP
#socialmediaexpert , #socialmedia

1 komentar:

  1. paling enak jualan di blackberry
    http://farinaandini.blogspot.com/

    BalasHapus