Pages

Selasa, 20 Maret 2012

Etika Twitter Marketing


Dahulu suara adalah  yang menghubungkan antara anda dan pelanggan, namun kini untuk berkomunikasi dengan pelanggan tidak perlu menggunakan cara-cara tradisional. Sekarang untuk menghubungkan antara anda dan penjual  hanya melalui media sosial saja. Dan salah satu media sosial yang kini paling menyita perhatian adalah twitter.
Twitter adalah suatu microblogging yang pertumbuhannya sangat cepat, dan telah terbukti menjadi sarana yang sukses untuk komunikasi bisnis antara si penjual dan konsumen. Jika bisnis anda menggunakan twitter, sudah saatnya anda memperhatikan etika apa saja yang “boleh”dilakukan dan apa saja yang “tidak boleh” dilakukan. Mari kita lihat mana saja yang “boleh” dilakukan dan apa saja yang “tidak boleh” dilakukan :

Yang boleh dilakukan : 

  • Selalu berkomunikasi kepada pelanggan dengan produk yang akan dijual
Perkenalkan bisnis anda dengan cara yang mudah dimengerti. Buatlah interaksi yang lebih menarik sehingga mereka jadi tertarik dengan bisnis anda
  • Link ke website
Dengan cara ini akan memberikan kesempatan kepada anda untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak dan akan menjangkau lebih banyak orang sehingga memperluas target audiens anda
  • Bangun hubungan
Banyak orang yang langsung mempromosikan produk mereka ketika pertama kali mendaftar ke twitter. Namun itu bukanlah metode yang tepat. Hal yang pertama harus dilakukan adalah membangun hubungan dengan orang lain. Dengan cara inilah orang akan semakin kenal anda dan dari situ bisa memberikan trafficke situs anda
  • Dapatkan kepercayaan dari followers kamu
Anda dapat melakukan ini apabila aktif di twitter, bergabung dalam percakapan dan menjawab pertanyaan pelanggan. Tawarkan bantuan jika pelanggan anda mendapatkan kesulitan
  • Beritahukan apabila ada event
Membuat orang menjadi terlibat apabila ada event, dan umumkan apabila perusahaan anda ingin mengadakan event
  • Promosikan di twitter
Apabila perusahaan anda mengadakan campaign jangan lupa juga untuk mempromosikan di twitter
  • Buatlah waktu
Meluangkan waktu dalam menjawab pertanyaan dan posting yang terkait atau bidang keahlian Anda. Ini akan sangat membantu dalam menjangkau potensial klien. Ketika klien melihat bahwa Anda baik dalam menangani kebutuhan, akan terciptalah word of mouth dengan sendirinya .

Yang tidak boleh dilakukan : 

  • Langsung memasarkan produk
Ini adalah kesalahan yang sangat umum. Seperti yang saya nyatakan sebelumnya, beberapa pengusaha segera mempromosikan bisnis mereka setelah mereka  terdaftar di Twitter. Melakukan hal itu hanya akan membuat Anda terlihat seperti Anda hanya peduli tentang bisnis Anda dan bukan pengikut Anda.
  • Terlalu serius
Yang harus diingat pertama kali adalah berkomunikasilah dengan pelanggan secara ramah.
  • hanya berisi pemasaran saja
Ini hanya akan membuat followers berpikir bahwa Anda tidak benar-benar peduli tentang mereka. Menjawab pertanyaan, memberikan bantuan, dan melakukan segala yang dibutuhkan untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dengan mereka.
  • Spam
Jangan mengirimkan pesan yang sama secara berulang-ulang karena hal tersebut sangatlah menjengkelkan.

sumber : http://bit.ly/GBV76N
by : @socmedku
       @wahyudiyuka

0 komentar:

Posting Komentar