Pages

Rabu, 01 Februari 2012

Konsep Pinterest yang Lebih lengkap dari Instagram


Pinterest merupakan jejaring sosial yang mengusung konsep sharing papan virtual. Bayangkan sebuah papan gabus yang biasa ditempel di dinding kamar.
Layanan ini memungkinkan pengguna mengoleksi apa pun yang ia sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain.
Kumpulan gambar, foto yang biasanya disertai link website itu disebut Board. Setiap gambar yang ditempel disebut pin, dari kata pinning yang berarti “menusukkan sesuatu dengan jarum”. Yang jelas, di sini tidak bisa mem-posting curhatan atau status.
Kemudahan Pinterest yang menyediakan sistem bookmarklet dan integrasi sosial media menjadi daya tarik layanan ini.
Seperti halnya jejaring media sosial, fasilitas berbagi tentu jadi fokus. Di Pinterest, setiap karya yang tampil bisa mendapat komentar, tanda cinta (like), dan Repin (semacam re-tweet). Bagi karya yang menarik, biasanya mendapatkan perhatian yang banyak pula. Foto, brosur, video yang muncul di Pinterest bisa pula dibagikan melalui Twitter dan Facebook.

Jadi apa yang bisa dilakukan brand di Pinterest?

Kontes
Salah satu brand fashion luar, Land’s End Canvas, sempat membuat kontes pin. Pengguna dipersilakan mengkurasi pin-pin berisikan gambar koleksi brand ini. Pengguna tinggal menjelajah situs Land’s End Canvas, lalu melakukan pin terhadap item yang disukai. Pemenang dipilih berdasarkan koleksi item yang paling keren dan stylish. Melalui kontes ini, brand diuntungkan karena koleksi produknya tersebar di Pinterest dengan cepat.
Mengkurasi gambar sesuai karakteristik brand
Cek AMD di Pinterest deh. AMD nggak mungkin juga memamerkan processor komputer di sini, karena nggak ada keren-kerennya. Yang ditampilkan AMD di Pinterest adalah kurasi gambar-gambar yang identik dengan geek dan IT. Ada sih board AMD yang menampilkan notebook yang menggunakan processor-nya, namun selebihnya adalah board yang bersifat fun. AMD juga menggunakan Pinterest untuk menampilkan dokumentasi kegiatan pameran.
Pamer, tapi dengan cara lebih halus
Yang paling enak untuk pamer di Pinterest adalah brand yang berhubungan dengan fashion, makanan, dan travel. Cek GAP deh, yang menampilkan koleksi fashion-nya. Salah satu board di akun ini mengkurasi foto-foto di banyak fashion blog yang menggunakan produk GAP. Ada pula sih board yang isinya murni “jualan” karena memamerkan koleksi terbaru dari situsnya.
Hal serupa dilakukan pula oleh Etsy yang mengkurasi item dari situsnya sendiri. Banyak koleksi item Etsy dipisah dalam beberapa board berdasarkan fungsinya (misal: untuk hadiah, untuk pernikahan, dll). Etsy bahkan nggak sungkan menuliskan harga di setiap pin-nya. Di Pinterest kalau kita menuliskan keterangan dengan tanda $, maka otomatis ini akan dianggap sebagai harga produk yang kita pin.
Pamer, tapi dengan cara lebih halus
Yang paling enak untuk pamer di Pinterest adalah brand yang berhubungan dengan fashion, makanan, dan travel. Cek GAP deh, yang menampilkan koleksi fashion-nya. Salah satu board di akun ini mengkurasi foto-foto di banyak fashion blog yang menggunakan produk GAP. Ada pula sih board yang isinya murni “jualan” karena memamerkan koleksi terbaru dari situsnya.
Hal serupa dilakukan pula oleh Etsy yang mengkurasi item dari situsnya sendiri. Banyak koleksi item Etsy dipisah dalam beberapa board berdasarkan fungsinya (misal: untuk hadiah, untuk pernikahan, dll). Etsy bahkan nggak sungkan menuliskan harga di setiap pin-nya. Di Pinterest kalau kita menuliskan keterangan dengan tanda $, maka otomatis ini akan dianggap sebagai harga produk yang kita pin.
Tertarik bergabung? Silakan meluncur ke pinterest.com
sumber : http://bit.ly/GB3Yo0
by: @socmedku
      @wahyudiyuka

0 komentar:

Posting Komentar