Ada banyak
media yang ada sekarang ini. Berikut beberapa modelnya dan karakteristik
masing2.
1. Facebook
Media ini
sangat popular dan banyak diminati oleh kalangan muda. Karena mudahnya membuat
account membuat kita tidak mudah membuat "engagement" dengan masing2
pribadi. Disamping itu jika kita mempunyai banyak teman akan sangat membantu.
Bentuk promosi bisa dalam bentuk personal promo, membuat page, pasang iklan,
promo broadcast, image tag atau juga menggunakan social application untuk
berjualan.
2. Twitter
Media yang
cukup naik daun. Diminati oleh kalangan muda dan artis yang suka memberikan
"tweet". Tweet bisa diakses semua orang memungkinkan kita melihat
trending words yang sedang terjadi. Tujuan promosi adalah membentuk opini pasar
melalui tweet berseri dan menggiring ke website kita, promoter harus siap
memberikan artikel secara rutin agar para follower setia mengikuti update dari
kita. Ada berbagai tools yang memungkinkan kita memposting artikel pada waktu2
yang kita inginkan atau melakukan permintaan menjadi follower atau following
secara otomatis. Selain itu jumlah follower menjadi petunjuk popularitas
account kita. Kita juga dapat menitipkan promosi kita dengan join tweet dari
account yang lebih popular.
3. Google
search
Media
pencarian paling terkenal adalah google. Hampir seluruh orang di dunia
menggunakan search engine ini untuk mencari apapun yang terpikirkan. Hasil
pencarian yang paling atas merupakan tujuan dari promosi menggunakan media ini.
Namun sebelum itu biasanya kita harus mengamati keyword yang paling banyak
diketik para pencari agar masuk ke website kita dan melakukan pembelian. Setelah
itu kita harus melakukan berbagai optimasi agar menaikkan ranking. Istilah
untuk hal ini disebut SEO. Selain itu kita bisa jual memasang iklan di media
ini dengan juga memilih keyword yang kita inginkan. Tayangan iklan didasari
oleh harga tertinggi yang ditawarkan oleh calon pemasang pada suatu waktu.
4.
Blackberry
Media
berbasis ponsel ini unik karena mempunyai messenger yang disebut bbm. Bbm ini
mengharuskan kontak tujuan menyetujui untuk diregistrasi di ponsel lawan
kontaknya. Setelah itu baru mereka dapat berkomunikasi. Dalam promosi
menggunakan media ini kita sangat mudah mengukur penyebaran brosur, ataupun
artikel di mailing list menggunakan banyaknya contact yang subscribe. Setelah
itu kita dapat menggunakan broadcast atau kontak langsung untuk melakukan
promosi dan transaksi. Selain itu kita juga dapat menggunakan personal message
dan personal picture untuk menjelaskan kita dan jualan kita. Selain itu media
ini sangat viral, karena mudahnya menyebarkan banyak artikel yang dirasa
menarik untuk disebarkan.
5. Youtube
Media
berbasis video terbesar ini memungkinkan semua orang mengupload video miliknya.
Banyak pemain besar jg mengupload iklan dan musik berbarunya agar bisa ditonton
banyak orang. Rating dan jumlah pengunjung menjadi tolok ukur keberhasilan
promosi kita. Banyak juga "nobody" yang mendadak terkenal akibat
promosi gratis ini. Disamping itu kita jg mengupload sebuah video yang akhirnya
diarahkan ke website kita agar dapat melakukan closing penjualan.
6. Amazon
dan Ecommerce websites
Banyak websites
yang memungkinkan kita membuka lapak. Contohlah amazon, ebay, dan juga banyak
situs lokal yang memungkinkan kita melakukan jual beli. Popularitas website ini
sangat berperan dengan laku tidaknya kita. Bentuk kerjasamanya bermacam2, ada
yang memungut komisi, monthly fee dan banyak yg gratis. Kita juga dapat membuat
situr sendiri menggunakan program opensource ataupun pembayaran bulanan.
7. Yahoo
groups dan Mailing list
Komunitas
sangat bagus untuk melakukan penetrasi. Bergabung dalam mailing list membuat
kita melakukan promosi langsung ke target pasar kita. Tentu saja kita perlu
mematuhi semua aturan yang digariskan seperti waktu jualan, aturan penulisan
subject dan lainnya. Disamping itu kita bisa membuat milis kita sendiri asalkan
memungkinkan utk menarik member agar bergabung.
8. Email
marketing
Pengiriman
email dapat menjadi alternatif dari pengiriman brosur yang berbiaya tinggi.
banyak situs yang memungkinkan kita mengirimkan email ke kontak yang kita punya
dengan harga terjangkau. Saat mengirimkan email secara banyak kita harus
memperhatikan hal-hal spt kata2 yg tidak berbau spam, hanya mengirimkan email
ke org yang kita "kenal" atau mau dikirimi email. Penerima harus
memungkinkan untuk men-subscribe email dari kita. Fitur yang menarik dari email
blasting ini adalah kita dapat melakukan pengiriman berseri atau autoresponder
/ dripping. Dengan begitu penerima dapat dituntun menuju sasaran yang kita
inginkan sesuai waktu mereka daftar.
9. Linkedin
Media social
seperti facebook tapi untuk para professional. Media ini cocok untuk melakukan
promosi personal, b2b ataupun rekrutmen secara tepat karena lengkapnya
informasi karir dari masing2 pribadi. Kita dapat berkomunikasi jika berada di
lingkar 1, kita dapat mengundang kontak lingkar kedua menjadi kontak lingkar
pertama. Sedangkan untuk lingkar ketiga perlu dikonfirmasi menggunakan email
kontak mereka. Kita juga dapat berlangganan dan mendapatkan berbagai kelebihan
lebih dari member biasa.
10.
Wordpress dan Blog
Blog
singkatan dari web log. Asal mulanya adalah celotehan personal ttg suatu hal.
Namun jadi popular menjadi alat untuk promosi dan bahkan jualan. Jika anda blm
punya website ini jadi alat untuk mempunyai website secara gratis.
Demikian 10
media yang mudah2an dapat membantu. Jika perlu informasi lebih dan bantuan
teknis bisa menghubungi saya.
Wahyudi Yuka, SE, RFP
#socialmediaexpert , #socialmedia
paling enak jualan di blackberry
BalasHapushttp://farinaandini.blogspot.com/